Studi Literatur: Peran Spiritualitas dalam Membantu Siswa Mengatasi Stres Akademik

Authors

  • Nurul Latifatun Latifatun Nisa Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anwar Sutoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7970

Abstract

Stres akademik merupakan salah tantangan utama yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran. Dalam kondisi tekanan akademik yang tinggi, pendekatan spiritualitas dapat menjadi alternatif intervensi psikologis yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran spiritualitas dalam membantu siswa mengatasi stres akademik. Dengan menggunakan metode pendekatan sistematik literatur review (SLR), artikel ini meneliti hubungan antara praktik spiritual (seperti doa, meditasi, dan refleksi diri) dengan penguatan resiliensi, pengelolaan emosi, dan peningkatan kesejahteraan psikologis siswa. Sebanyak 209 artikel diidentifikasi dari berbagai basis data, dan 15 studi dimasukkan dalam sintesis setelah melalui proses skrining dan seleksi kelayakan. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa spiritualitas memiliki kontribusi signifikan dalam mereduksi stres akademik dan mendukung kesejahteraan mental siswa secara holistik. Artikel ini merekomendasikan integrasi pendekatan spiritual dalam layanan bimbingan konseling di sekolah untuk memperkuat keseimbangan emosional, regulasi diri, dan prestasi akademik siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi praktik spiritual yang paling efektif bagi populasi siswa yang beragam.

Published

2025-06-03

How to Cite

Latifatun Nisa, N. L. ., Sutoyo, A. ., & Muslikah, M. (2025). Studi Literatur: Peran Spiritualitas dalam Membantu Siswa Mengatasi Stres Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5761-5765. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7970