Pemaknaan Khalayak terhadap Konten Promosi Pariwisata pada Akun Tiktok Pesona Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7979Abstract
Promosi wisata yang dilakukan Indonesia salah satunya dengan menggunakan branding Pesona Indonesia yang ditujukan kepada wisatawan domestik. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan aplikasi Tiktok. Pesona Indonesia membuatkan konten dengan mengunggah video wisata Indonesia yang diiringi dengan musik yang sedang viral di Tiktok, musik yang digunakan kebanyakan adalah sound yang terdengar jenaka. Konten ini memiliki perbedaan jika dibanding akun-akun wisata lainnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pemaknaan khalayak terhadap konten wisata di akun Tiktok Pesona Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi. Informan dipilih dengan teknik purposif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan dari lima orang informan, empat informan berada pada posisi dominan sedangkan satu orang infoman berada pada posisi negosiasi. Informan dominan menerima pesan dari tayangan konten Pesona Indonesia secara penuh dan menyukai penggunakan sound dan musik viral yang digunakan Pesona Indonesia. Pemaknaan informan dipengaruhi oleh faktor usia, sehingga menghasilkan perbedaan pemaknaan oleh setiap informan. Dengan hasil empat informan di posisi dominan, satu di posisi negosiasi dan tidak ditemukan informan yang berada pada posisi oposisi.