Efektivitas Media Pembelajaran Maharah Kalam Melalui Video Interaktif Berbasis Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7983Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran maharah kalam melalui video interaktif berbasis kontekstual dan mengevaluasi keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap maharah kalam dan terbatasnya variasi media pembelajaran yang tersedia di SMP Islam Az Zahrah 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan enam tahap utama: mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, dan uji coba produk. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Validasi oleh ahli materi menunjukkan nilai kelayakan sebesar 90% (dikategorikan “sangat baik”), sedangkan validasi ahli media mendapatkan nilai 86,6% (baik). Untuk menilai keefektifan media yang dikembangkan, dilakukan uji coba terhadap dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan video interaktif dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan video interaktif. Perbandingan nilai pre-test dan post-test dari 30 siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari 60,1% menjadi 88,1%. Selain itu, respon siswa terhadap media mencapai 78%, yang menunjukkan bahwa produk ini valid dan layak untuk digunakan. Kesimpulannya, video interaktif berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Arab dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah menengah.