Keefektifan Model PBL Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7985Abstract
Pendekatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung menerapkan pembelajaran konvensonal mengakibatkan sebagian besar siswa di kelas V terkendala dalam memahami konsep-konsep IPAS, terutama pada materi yang kompleks dan abstrak, sehingga hasil belajarnya belum optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPAS materi siklus air. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest) dengan 30 soal pilihan ganda. Anggota populasi berjumlah 54 siswa terdiri dari 24 siswa kelas V SDN 4 Krajan Kulon (kelas eksperimen) dan 30 siswa kelas V SDN 1 Krajan Kulon (kelas kontrol). Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan Canva terbukti lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPAS materi siklus air. Efektifitas ini dibuktikan melalui perbedaan signifikan skor tes dan rata-rata peningkatan hasil belajar (N-Gain) yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Artinya, pendekatan PBL yang interaktif dan berbasis visual melalui Canva dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih baik.