Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Instagram @persebayastore
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7986Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Persebaya Store melalui media sosial Instagram. Persebaya Store sebagai pendatang baru dalam industri merchandise klub sepak bola menghadapi persaingan ketat dari berbagai brand lokal yang juga memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi literature dan wawancara mendalam terhadap social media manager, admin sosial media dan loyal customer dari @persebayastore. Peneliti melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dari pemanfaatan Instagram yang dilakukan Persebaya Store. Melalui analisis 7C framework peneliti menemukan strategi komunikasi pemasaran Persebaya Store melalui Instagram yang menekankan pada pemanfaatan keberagaman fitur-fitur pada Instagram untuk kemudahan dan kenyamanan audiens dalam mengakses, melakukan kolaborasi pembuatan kreatif konten yang menarik dan informatif, serta berupaya membuat program interaksi yang dapat meningkatkan engagement dengan audiens Instagram yang akan menjadi calon pelanggan potensial Persebaya Store.