Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri

Authors

  • Dedi Candira Inspektorat Kabupaten Kepahiang, Indonesia
  • Revi Adekamisti SMP Negeri 2 Kepahiang, Indonesia
  • Hendra Harmi Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Ifnaldi Ifnaldi Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Dina Hajja Ristianti Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7991

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri dengan fokus pada tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya PAI dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa di tengah tantangan era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi evaluatif. Subjek penelitian mencakup guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1, 2, dan 3 Kepahiang yang dipilih secara purposif karena mewakili keragaman sosial dan geografis wilayah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara mendalam, dokumentasi perangkat pembelajaran, dan angket kepada siswa. Data dianalisis dengan pendekatan interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran masih dominan administratif dan kurang kontekstual. Pelaksanaan pembelajaran cenderung konvensional dan kurang mengoptimalkan keterlibatan siswa. Evaluasi lebih menitikberatkan pada aspek kognitif, sementara dimensi afektif dan psikomotorik belum dikembangkan secara menyeluruh. Faktor pendukung meliputi komitmen guru dan suasana religius sekolah, sedangkan hambatannya mencakup keterbatasan fasilitas pembelajaran, kompetensi guru, dan minimnya pelatihan berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar rekomendasi strategis dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di sekolah negeri.

Published

2025-06-02

How to Cite

Candira, D. ., Adekamisti, R. ., Harmi, H. ., Ifnaldi, I., & Ristianti, D. H. . (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5725-5733. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.7991