Siti Sumarni (Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist)

Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu.

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar Alqur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu dengan. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu: apakah Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar Alqur’an Hadist Tentang menghafal surat-surat pendek Pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri 19 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah format observasi aktivitas belajar dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media TIK yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 81% dan pada siklus II Nilai rata – rata siswa menjadi 91%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar Alqur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu. 

Published

2018-07-06

How to Cite

JIIP, R. (2018). Siti Sumarni (Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist): Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 38-43. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7