Proses Apresiasi Seni Kerajinan Monel di Desa Krian Kalinyamatan Jepara

Authors

  • Yassirly Amria Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • F. Shoufika Hilyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.800

Keywords:

Apresiasi Seni, Kerajinan Monel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses apresiasi seni kerajinan monel sumber belajar di Desa Krian. Penelitian dilakukan laksanakan di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek anak kelas V dan para orang tua pengrajin onel. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan studi kasus serta teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa bahwa proses apresiasi seni kerajinan monel dapat dilakukan ke-empat subjek penelitian dengan baik yakni pada tahapan pengamatan dan pengenalan yang sampai pada tingkatan menggemari dan rasa takjub, kemudian pada tahapan proses penghayatan yang ketiga anak sampai pada tingkatan menggemari dan satu anak hanya sampai tingkatan empati dan simpati, serta pada tahapan proses penilaian yang sampai pada tingkatan mereaksi dan terpesona. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses apresiasi kerajinan monel dapat berjalan denganbaik dengan tingkatan memuaskan, serta dapat dijadikan sumber belajar oleh anak-anak di Desa Kriyan.

Published

2022-08-03

How to Cite

Amria, Y., Hilyana, F. S., & Fajrie, N. (2022). Proses Apresiasi Seni Kerajinan Monel di Desa Krian Kalinyamatan Jepara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3037-3043. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.800