Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Mata Kuliah Praktik Industri di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNSRI
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8001Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis flipbook dan mengetahui kelayakan serta kepraktisan e-modul pembelajaran berbasis flipbook bagi mahasiswa di Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Pengembangan e-modul berbasis flipbook dilakukan menggunakan metode Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta uji coba terbatas kepada mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dari segi isi, tampilan, dan kepraktisan penggunaan. Uji coba kepada mahasiswa juga menunjukkan respon positif terhadap kemudahan akses, interaktivitas, dan daya tarik e-modul. Dengan demikian, e-modul berbasis flipbook ini dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Praktik Industri. Penggunaan e-modul berbasis flipbook ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar mahasiswa, serta menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran berbasis digital di lingkungan pendidikan vokasi.