Pengembangan Modul Bustier untuk Siswa Praktik Kerja Lapangan Berbasis Digital

Authors

  • A. Mita Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Hapsari Kusumawardani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Tyas Wulandari SMK Negeri 3 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8002

Abstract

Pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), siswa mendapatkan penugasan yang bersifat mandiri dan tidak terbimbing  karena jauh dari monitoring guru pada proses pengerjaan sehingga kesulitan mengerjakan tugas. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya panduan dalam mengerjakan yang disesuaikan dengan prosedur dan standardisasi yang diberikan guru, sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam  pemahaman materi  Bustier, dari hasil observasi selama PPL ditemukan tidak adanya e-modul untuk materi Bustier sebagai panduan bagi siswa desain dan produksi busana SMKN 3 Malang terkait tugas pembuatan yang harus dikerjakan secara mandiri selama melaksanakan pembelajaran tidak terbimbing. Siswa juga membutuhkan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman materi ketika melaksanakan PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguanaan modul secara digital materi Bustier untuk pembelajaran PKL Bagi Siswa Desain dan Produksi Busana SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R and D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas XI jurusan Desain dan Produksi Busana yang melaksanakan PKL.  Berdasarkan hasil validasi dari penilai ahli serta uji coba pada siswa sebagai pihak pengguna maka di dapat hasil penelitian terkualifikasi sangat layak dan valid digunakan sebagai media. Pengembangan modul digital berbentuk flipbook sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa PKL, serta hasil uji validitas oleh ahli materi, bahasa dan media menunjukkan bahwa modul ini layak digunakan dimana modul ini dapat digunakan secara mandiri oleh siswa PKL dan memberikan manfaat dalam menunjang pembelajaran tidak terbimbing.

Published

2025-06-09

How to Cite

Mita, A., Kusumawardani, H. ., & Wulandari, T. . (2025). Pengembangan Modul Bustier untuk Siswa Praktik Kerja Lapangan Berbasis Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6349-6355. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8002