Handphone sebagai Sumber Pembelajaran PPKn di SMK YPSEI: Potensi dan Tantangan di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8003Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana potensi penggunaan handphone sebagai sumber pembelajaran PPKn serta tantangan yang ditimbulkan akibat penggunaan handphone di kelas XI SMK YPSEI Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung di sekolah serta wawancara kepada siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan analisis data dimana data tersebut di peroleh dan di analisis dengan cara reduksi data, penyederhanaan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penenelitian menunjukan bahwa potensi penggunaan handphone sangat membantu siswa dalam memberikan sumber informasi yang luas dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas, serta membantu guru dalam mekakukan evaluasi pembelajaran untuk siswa, juga sebagai media pembelajaran. Namun dalam tantangannya handphone memiki dampak negatif terhadap cara berpikir kritis dan menurunkan kemandirian siswa dalam mencari sumber informasi secara manual, serta membuat siswa terdistraksi untuk membuka media sosial atau permainan saat seharusnya fokus belajar.