Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi STEAM-PBL pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi, Indonesia
  • Roiman Alexander Silitonga Universitas Jambi, Indonesia
  • Menza Hendri Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat kelayakan dan persepsi terhadap modul ajar terintegrasi STEAM-PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development atau R&D dan model pengembangan Four-D (4-D), terdiri atas pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development) dan fokus untuk melihat kelayakan serta persepsi peserta didik terhadap modul ajar. Penelitian pengembangan modul ajar ini dilakukan di SMA N 12 Kota Jambi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk modul ajar terintegrasi STEAM-PBL pada materi fluida dinamis. Kelayakan serta persepsi terhadap modul ajar yang dikembangkan dapat dilihat pada rincian berikut, validasi materi oleh validator I: 97,69% dan validator II: 96,92% dengan kategori kelayakan materi yaitu “Sangat Layak”, validasi media oleh validator I: 94% dan validator II: 90% dengan kategori kelayakan media yaitu “Sangat Layak”, dan validasi modul ajar oleh validator I: 97,24% dan validator II: 97,93% dengan kategori kelayakan modul yaitu “Sangat Layak”, dan persepsi (tanggapan) peserta didik memiliki persentase sebesar 81,4% dengan kategori “Sangat Menarik”. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar sudah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Published

2025-06-02

How to Cite

Rasmi, D. P. ., Silitonga, R. A., & Hendri, M. . (2025). Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi STEAM-PBL pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5666-5674. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8005