Pembuatan E-Modul Interaktif pada Matakuliah Kewirausahaan Berbasis Case Method dan Team Based Learning

Authors

  • Evi Sirait Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Erwin Sutantyo Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Ari Ani Dyah Setyoningrum Politeknik Maritim Negeri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul elektronik berbasis Case method dan team based learning untuk matakuliah kewirausahaan dan menguji kelayakannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation dan Evaluate. Model ADDIE yang digunakan pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Tahap analysis dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan dan diperoleh hasil sebesar 78,67% mahasiswa setuju dan tertarik dengan e-modul sebagai media pembelajaran digital pada mata kuliah kewirausahaan. Pada tahap design menunjukkan nilai validitas sebesar 83% dengan kategori “Sangat Baik” dan hal tersebut menjadi dasar untuk pengembangan E-modul. Desain E-modul dibuat dengan cara menggambar digital (digital art) menggunakan aplikasi Canva: AI, Photo, & Video Editor. Pada tahap development, diperolehan nilai rata-rata hasil persentase validasi materi yang terdapat pada E-modul adalah 81% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian validasi ahli media menunjukkan bahwa tampilan dan konten E-modul layak digunakan mahasiswa dengan perolehan persentase penilaian sebesar 81,80% dengan kategori “Sangat Baik”. Sementara hasil analisis dari validasi mahasiswa menunjukkan bahwa E-modul Kewirausahaan mendapatkan respon baik dari mahasiswa dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis digital dengan nilai persentase sebesar 85,46% dengan kategori “Sangat Baik”.

Published

2025-05-10

How to Cite

Sirait, E. ., Sutantyo, E. ., & Setyoningrum, A. A. D. . (2025). Pembuatan E-Modul Interaktif pada Matakuliah Kewirausahaan Berbasis Case Method dan Team Based Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5453-5457. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8008