Manajemen Perpustakaan Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Analisis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat)

Authors

  • Muhamad Baidhawi Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Supyan Sauri Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Cahya Syaodih Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.801

Keywords:

Manajemen, Perpustakaan, Minat Baca, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan serta Hambatan dan Solusi di Perpustakaan Daerah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif analisis dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat dapat diketahui bahwa secara umum Perpustakaan Daerah Jawa Barat telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen sesuai dengan Sistem Perpustakaan Nasional, tetapi perlu dilakukan evaluasi untuk menimalisir kekurangan-kekurangan yang terjadi di lapangan. Dari aspek perencanaan, perpustakaan daerah jawa barat telah merencanakan kegiatan dalam penyelenggaraan perpustakaan meliputi pengadaan bahan koleksi, anggaran dan sumber daya manusia. Dari aspek pengorganisasian, perpustakaan daerah jawa barat sudah membuat struktur organisasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar kinerja perpustakaan sesuai dengan pekerjaannya masing-masing. Dari aspek pergerakan/pelaksanaandalam manajemen perpustakaan meliputi perlayanan dan penyediaan sarana prasarana. Dari aspek pengawasan, pengawasan yang dilakukan berupa pengawasan rutin setelah melakukan program kerja. Hambatan tentu ada dalam pengolaan perpustakaan daerah berkaitan dengan sumber daya manusia, anggaran dan sarana prasarana namun dengan mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen akan ada solusi dari semua hambatan yang ada.

Published

2022-08-03

How to Cite

Baidhawi, M., Sauri, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Perpustakaan Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Analisis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3060-3069. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.801

Most read articles by the same author(s)