Pengembangan Jobsheet Praktik Pengelasan Berbasis Project-Based Learning di Prodi Pendidikan Teknik Mesin Fkip Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8013Abstract
Studi ini bertujuan untuk menciptakan alat pembelajaran berupa jobsheet praktik pengelasan yang berlandaskan Project Based Learning (PjBL) untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Pengembangan ini didasari oleh keinginan mahasiswa terhadap materi ajar yang relevan dan mendukung pemahaman praktik secara menyeluruh. Jobsheet yang sebelumnya digunakan dianggap belum optimal karena tidak sepenuhnya menerapkan pendekatan proyek dan kurang menarik dari segi penyajian. Oleh karena itu, dikembangkanlah jobsheet yang lebih terstruktur, komunikatif, dan mampu meningkatkan kemandirian serta keterampilan mahasiswa dalam praktik pengelasan. Studi ini memanfaatkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang dibatasi hingga tahap disseminate terbatas. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan melalui observasi dan angket, yang menunjukkan bahwa 87% mahasiswa mengungkapkan perlunya jobsheet berbasis PjBL. Desain jobsheet mencakup petunjuk kerja yang ringkas, visual yang menarik, serta rubrik penilaian berlandaskan proyek. Hasil validasi dari ahli materi dan media masing-masing mendapatkan skor 95% dan 94% (sangat valid). Uji kepraktisan melalui skema one-to-one dan small group terhadap 23 mahasiswa menghasilkan persentase kepraktisan sebesar 87,82% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, jobsheet yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam praktik pengelasan berbasis proyek.