Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Indriver pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan

Authors

  • Natalia E.T. Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Charles M. Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Harianto Oktowan Tinambunan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Indriver Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei pada mahasiswa pengguna transportasi online indriver dan anlisis data statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa dan tingkat kepuasan yang diterima pengguna. Temuan dari penelitin ini diharapkan dapat memberikan wawasan strategis kepada Indriver agar lebih mengutamakan peningkatan kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t variabel Bukti Fisik diketahui nilai thitung 0,819 > ttabel 0,2006 maka dapat disimpulkan X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan Uji t variabel Kehandalan diketahui thitung 0,635 > ttabel 0,2006 maka dapat disimpulkan bahwa X2 berpengaruh dan signifikan terhadap variabel Y.

Published

2025-05-10

How to Cite

Sihombing, N. E. ., Sianturi, C. M. ., & Tinambunan, H. O. . (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Indriver pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5445-5452. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8014