Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membangun Fondasi Karakter dan Kognitif Anak

Authors

  • Kasmiati Kasmiati Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8015

Abstract

Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membangun Fondasi Karakter dan Kognitif Anak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan yang sangat krusial dalam membentuk karakter, perilaku, dan kemampuan kognitif anak sejak dini. Dalam kurun waktu lima tahun pertama kehidupan, otak anak mengalami perkembangan yang pesat, sehingga intervensi pendidikan yang tepat sangat menentukan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini, serta kurangnya fasilitas dan tenaga pendidik yang kompeten. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis peran PAUD dalam membangun fondasi karakter dan kemampuan kognitif anak melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada tiga lembaga PAUD di wilayah urban dan semi-urban. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga PAUD yang menerapkan pendekatan holistik, partisipatif, dan kontekstual cenderung menghasilkan anak-anak yang lebih mandiri, komunikatif, dan memiliki kemampuan berpikir logis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pendidikan usia dini sangat dipengaruhi oleh kurikulum yang adaptif, peran guru yang inspiratif, serta dukungan orang tua dan lingkungan sekitar (Suharjo, 2021; Wulandari, 2022).

Published

2025-05-10

How to Cite

Kasmiati, K. (2025). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membangun Fondasi Karakter dan Kognitif Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5458-5461. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8015