Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Website Wordwall pada Materi Pola Macam-macam Bagian Busana
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8025Abstract
Di era digital, dunia pendidikan mengalami perubahan signifikan pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. E-learning memberikan efisiensi dan fleksibilitas dalam evaluasi pembelajaran. Evaluasi yang efektif sangat penting bagi guru dalam menilai perkembangan peserta didik. Namun, di SMKN 3 Malang, proses evaluasi terhadap pola busana masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan alat evaluasi menggunakan website Wordwall untuk meningkatkan motivasi dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang memiliki lima tahap: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dari hasil validasi penilaian ahli materi yang mencapai 85% dan dari ahli evaluasi sebesar 83%, serta diimplementasikan pada peserta didik sebagai pengguna dengan tingkat ketertarikan mencapai 82%, sehingga diperoleh kesimpulan yaitu alat evaluasi ini sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi peserta didik sekaligus memberikan alternatif evaluasi yang lebih menarik bagi para guru.