Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif di Mata Kuliah CAD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8029Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis; menilai pengaruh PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif; dan mengetahui pengaruh PjBL secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pada mata kuliah CAD. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 147 mahasiswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan instrumen penelitian valid dan sangat reliabel. Data berdistribusi normal dan homogen. Uji-t membuktikan t hitung yang diperoleh sebesar 3.306 lebih besar dari t tabel (1.655) serta nilai signifikansi <0,001 lebih kecil dari nilai sig 0.05 sehinga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis serta di peroleh nilai t hitung sebesar 3.293, maka t hitung lebih besar dari t table (1.655), dan atau nilai signifikansi yang di peroleh < 0.001 dimana nilai sig < 0.05 sehinga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan di peroleh nilai t hitung sebesar 3.807, maka t hitung lebih besar dari t table (1.655), dan nilai signifikansi yang di peroleh < 0.001 dimana nilai sig kurang dari 0.05 sehingga simultan terhadap kedua kemampuan . Mahasiswa menjadi lebih aktif mengeksplorasi ide, menyelesaikan masalah, dan menghasilkan karya desain yang inovatif. Dengan demikian, PjBL efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran CAD.