Pengaruh Kepuasan Kuliah Daring terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa UNM Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Fakhri Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Basti Basti Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ahmad Ridfah Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nahriana Nahriana Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.803

Abstract

Motivasi belajar akan mempengaruhi tingkat partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dan berpengaruh pada nama baik kampus sehingga peningkatan motivasi belajar mahasiswa merupakan kewajiban bagi tiap lembaga pendidikan. Motivasi belajar mahasiswa yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kuliah daring terhadap motivasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aksidental Sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 206 responden dan 102 dari berbagai semester. (n=206, 86 laki-laki, 120 Perempuan). Penelitian ini menggunakan skala Motivasi belajar dan skala Kepuasan kuliah daring yang berbentuk skala Likert. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Uji Regresi Ordinal yang didapatkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai Nagelkerke sebesar 0,038. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepuasan kuliah daring terhadap motivasi belajar pada mahasiswa UNM di masa pandemi covid-19 dengan besar pengaruh 3,8%. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar dapat dintervensi melalui peningkatan kepuasan kuliah daring, semakin tinggi kepuasan kalih daring, maka semakin tinggi motivasi belajar.

Published

2022-08-06

How to Cite

Fakhri, M., Basti, B., Ridfah, A., & Nahriana, N. (2022). Pengaruh Kepuasan Kuliah Daring terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa UNM Selama Masa Pandemi Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3096-3103. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.803