Hubungan Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar pada Peserta Didik SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8055Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara self-efficacy dan kemandirian belajar pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Self-efficacy, yang didefinisikan sebagai keyakinan individu terhadap kemampuan diri, diyakini berperan penting dalam memengaruhi kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 100 siswa kelas VIII di SMPN 4 Sidoarjo. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan negatif antara self-efficacy dan kemandirian belajar dengan koefisien korelasi sebesar -0,219, meskipun hubungan ini tidak signifikan secara statistik (p = 0,175). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun self-efficacy dapat memengaruhi kemandirian belajar, faktor-faktor lain seperti lingkungan belajar dan dukungan sosial juga berperan penting. Oleh karena itu, intervensi yang dirancang untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa harus mempertimbangkan berbagai faktor tersebut.