Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan Memanfaatkan Website Padlet terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8056Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan memanfaatkan website padlet terhadap hasil belajar peserta didik, khusunya pada ranah kognitif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain Pre-Experiment tipe one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Serang dengan subjek sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan dalam dua tahap, yaitu pretest dan posttest. Hasil analisis menggunakan uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar -0,001, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model. Dengan demikian, model pembelajaran Giving Question and Getting Answer memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.