Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Augmented Reality terhadap Pembelajaran Siswa di SD Negeri 18 Leppangeng Kec. Bungoro
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8062Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan media berbasis Augmented Reality terhadap pembelajaran siswa di SD Negeri 18 Leppangeng, mengetahui kendala guru dalam memanfaatkan media berbasis Augmented Reality terhadap pembelajaran siswa, serta mengetahui solusi untuk mengatasi kendala guru dalam memanfaatkan media berbasis Augmented Reality terhadap pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru. Penelitian ini menggunakan tiga Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triagulasi sumber dan Teknik. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulaan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memilliki kemampuan dalam memanfaatkan media berbasis Augmented Reality terhadap pembelajaran siswa di SD Negeri 18 Leppangeng, terbukti dari hasil wawancara yang diajukan, guru dapat menjawab dan jawaban guru sesuai dengan kemampuan/kompetensi guru. Selanjutnya kendala guru dalam memanfaatkan media berbasis Augmented Reality lebh berhubungan dengan kendala pada jaringan internet, kendala mencari gambar yang sesuai, kendalla pada perangkat seluler. Kendala ini bisa diatasi guru dengan cara mengunduh terlebih dahulu proyek yang telah dibuat, mengupayakan untuk mengikuti pelatihan dan seminar agar guru dapat lebih menguasai media tersebut.