Pengembangan Game Edukatif Labirin Berbasis Web sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Materi Sistem Komputer
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8068Abstract
Penerapan unsur gamifikasi dalam dunia pendidikan telah terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, khususnya dalam pembelajaran informatika pada topik sistem komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain serta mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa game edukatif berbasis web dengan game engine Construct 2 yang dirancang untuk siswa sekolah menengah pertama. Game ini berfokus pada penguatan pemahaman konsep dasar sistem komputer, seperti perangkat masukan, perangkat keluaran, perangkat pemrosesan, dan perangkat penyimpanan melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Pengembangan game mengikuti model ADDIE yang memastikan proses perancangan dilakukan secara sistematis. Komponen pembelajaran yang bersifat adaptif serta sistem umpan balik disisipkan ke dalam media untuk menyesuaikan tingkat kesulitan materi dengan kemampuan masing-masing siswa, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih maksimal. Hasil pengujian awal menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Dari hasil pengujian yang dilakukan di dapatkan sebanyak 92.5% kelayakan materi, 95.0% kelayakan media, dan 86,1%, menunjukkan bahwa siswa merasa sangat terbantu dalam memahami materi, fitur gamifikasi dinilai efektif dalam mendorong motivasi belajar. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran berbasis web dapat menjadi pilihan efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman pembelajaran siswa di sekolah.