Pengaruh Dukungan Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fikih

Authors

  • Muhammad Ma'ruf Asy'ari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rahmat Aziz Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Esa Nur Wahyuni Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8069

Abstract

Pengaruh Dukungan Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fikih

Dalam pembelajaran fikih, terdapat beberapa siswa yang menunjukkan gejala prokrastinasi akademik, yaitu kebiasaan menunda tugas, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar mereka dibandingkan dengan pelajaran keagamaan Islam lainnya. Prokrastinasi ini dapat ditekan jika siswa mendapatkan dukungan intensif dari guru dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara dukungan guru dan motivasi belajar terhadap kecenderungan siswa menunda tugas dalam pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dan data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 94 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama, dukungan guru dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap prokrastinasi akademik sebesar 61,8%. Artinya, semakin tinggi dukungan dari guru dan motivasi belajar siswa, semakin rendah kecenderungan mereka untuk menunda tugas, dan sebaliknya. Secara terpisah, baik dukungan guru maupun motivasi belajar sama-sama menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan terhadap prokrastinasi, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.

Published

2025-06-05

How to Cite

Asy’ari, M. M. ., Aziz, R. ., & Wahyuni, E. N. . (2025). Pengaruh Dukungan Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fikih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6065-6072. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8069