Pengaruh Dukungan Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fikih
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8069Abstract
Pengaruh Dukungan Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fikih
Dalam pembelajaran fikih, terdapat beberapa siswa yang menunjukkan gejala prokrastinasi akademik, yaitu kebiasaan menunda tugas, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar mereka dibandingkan dengan pelajaran keagamaan Islam lainnya. Prokrastinasi ini dapat ditekan jika siswa mendapatkan dukungan intensif dari guru dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara dukungan guru dan motivasi belajar terhadap kecenderungan siswa menunda tugas dalam pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dan data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 94 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama, dukungan guru dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap prokrastinasi akademik sebesar 61,8%. Artinya, semakin tinggi dukungan dari guru dan motivasi belajar siswa, semakin rendah kecenderungan mereka untuk menunda tugas, dan sebaliknya. Secara terpisah, baik dukungan guru maupun motivasi belajar sama-sama menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan terhadap prokrastinasi, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.