Pengembangan Media Pembelajaran Scratch Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Authors

  • Lulita Ria Wandani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Dyah Lestari Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Baskoro Arif Widodo Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8075

Abstract

Dalam proses pembelajaran ditemukan bahwa sebagian peserta didik kurang fokus dan memiliki motivasi belajar yang rendah. Kondisi tersebut terjadi akibat penerapan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional, di mana media yang digunakan terbatas pada tampilan presentasi PowerPoint di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan media pembelajaran scratch berbasis google sites dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Materi scratch dipilih karena memungkinkan peserta didik untuk membuat animasi serta permainan secara interaktif yang mampu mendorong ketertarikan atau motivasi peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas 7-1 di SMPN 23 Malang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dari ahli materi yang memperoleh skor 89,2% dan validasi dari ahli media yang memperoleh skor 92,8%. Kedua hasil tersebut menunjukkan kategori "sangat layak". Penelitian ini juga memiliki keunggulan dari penelitian sebelumnya pada integrasi pendekatan berdiferensiasi dalam media yang disajikan. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada peserta didik, media pembelajaran scratch yang dikembangkan terbukti memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran informatika khususnya pada materi scratch, baik dari segi pemahaman materi maupun dari segi meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Published

2025-06-03

How to Cite

Wandani, L. R. ., Lestari, D., & Widodo, B. A. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Scratch Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5782-5788. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8075