Konsep Pendidikan Adab Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8077Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang yang didasarkan pada fenomena krisis moral dan degradasi karakter di kalangan pelajar, meskipun pendidikan karakter telah menjadi prioritas dalam sistem pendidikan nasional. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan adab menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Kurikulum Merdeka dengan Profil Pelajar Pancasilanya serta menganalisis relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis terhadap karya-karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas serta dokumen resmi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan adab yang berlandaskan nilai spiritual, moral, dan intelektual sangat relevan untuk memperkuat enam dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Pendidikan menurut Al-Attas tidak hanya bertujuan menambah wawasan, tetapi juga membentuk manusia yang baik (a good man) melalui penanaman adab yang mencakup ilmu dan amal. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai adab dalam implementasi Kurikulum Merdeka guna mewujudkan generasi yang beradab, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan global.