Pengembangan Kartu Pembelajaran Domino pada Materi Kode Biner dengan Pendekatan TaRL
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8078Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk kartu pembelajaran domino dengan menerapkan pendekatan TaRL pada materi kode biner. Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini didasarkan pada temuan adanya variasi tingkat kemampuan siswa yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Selain itu, siswa menunjukkan ketertarikan pada pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik, namun kurang antusias terhadap pembelajaran yang bersifat teoritis. Pengembangan kartu pembelajaran domino dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP yang memiliki karakteristik serupa dengan subjek penelitian. Kartu pembelajaran domino dirancang dalam tiga level kesulitan berbeda, yang dibedakan berdasarkan warna kartu untuk memudahkan identifikasi. Berdasarkan hasil validasi, media dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 96,8% menurut ahli materi dan 88,8% menurut ahli media. Uji coba dilakukan terhadap 24 siswa kelas VII dan menghasilkan temuan bahwa 81% siswa merasa senang selama pembelajaran, serta 77,3% merasa lebih memahami materi setelah menggunakan media. Evaluasi menyimpulkan bahwa kartu pembelajaran domino ini efektif dalam meningkatkan fokus, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi kode biner.