Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis Puisi Bebas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri Arjasa Jember
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8079Abstract
Menulis puisi bebas adalah ruang ekspresi siswa yang memadukan kreativitas dan ketajaman rasa. Tanpa stimulasi yang tepat, kreativitas tersebut kerap tertahan. Penelitian ini memperkenalkan model Picture and Picture, yang menggabungkan teori Dual Coding Paivio dengan stimulus gambar kontekstual, untuk merangsang imajinasi dan memperkaya diksi siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa Jember. Dilakukan melalui dua siklus Penelitian Tindakan Kelas—perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi—penelitian ini menghasilkan lonjakan signifikan dalam nilai menulis puisi. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan rata?rata nilai dari 58,3 pada pre-test menjadi 72,5 pada post-test I (64% siswa tuntas) dan 84,3 pada post-test II (88% siswa tuntas). Dukungan data kualitatif dari observasi dan wawancara mengungkap tumbuhnya motivasi, kreativitas, kolaborasi, serta kepercayaan diri siswa dalam menulis dan menyajikan puisi. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi media visual kontekstual yang relevan dengan pengalaman siswa, dipadu dengan sesi peer-review terstruktur, tidak hanya memperkuat aspek kognitif, tetapi juga membangkitkan semangat dan kepekaan afektif. Kami merekomendasikan guru untuk memilih stimulus gambar sesuai konteks siswa dan menerapkan peer-review sebagai strategi diferensiasi, sehingga proses pembelajaran sastra menjadi lebih inklusif, inspiratif, dan bermakna.