Pengembangan E-Magazine Berbasis Problem Based Learning pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8084Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine berbasis problem based learning pada materi suhu dan kalor. E-Magazine sebagai media pembelajaran dapat membantu kegiatan belajar, khususnya pada mata pelajaran fisika. E-magazine yang dikembangkan diharapkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada jenjang SMA fase F kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) dengan model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap yakni define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap development. Proses pengembangan e-magazine dimulai dengan menganalisis kebutuhan awal guru dan siswa, menyusun storyboard yang akan digunakan sebagai dasar merancang e-magazine. Proses validasi dilakukan setelah e-magazine tahap awak diukur. E-Magazine yang telah melalui tahap validasi dilakukan uji coba kepada siswa untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. E-Magazine mendapatkan kategori sangat baik pada hasil uji validasi media dan materi oleh tiga validator. Produk yang telah direvisi berdasarkan saran tiga validator dijadikan bahan uji coba ke dalam kelas. Hasil uji coba produk mendapatkan kategori sangat baik simpulan dari lembar respon siswa, yang terdiri dari uji kelompok kecil pada kelas XI sebesar 85,1%, uji kelompok kecil pada kelas XII sebesar 82,7%, dan uji kelompok besar sebesar 88,1%. Penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan melakukan penelitian terhadap e-magazine sampai pada tahap disseminate, yakni tahap yang belum dilakukan dalam penelitian.