Pengaruh Research Based Learning dengan Media Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Authors

  • Ria Febrianti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Widiyanti Widiyanti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Wahyu Nur Hidayat Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Didik Nurhadi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rista Bramastya Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Viska Rinata Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8100

Abstract

Indeks penelitian di Indonesia masih dinilai sangat rendah dari segi kualitas. Untuk itu perlu direlevasikan pemikiran berbasis penelitian dalam bidang Pendidikan sebagai sektor penting bagi pembinaan dan pengembangan penelitian. Oleh karena itu, tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Berbasis Penelitian atau Research Based Learning (RBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai upaya agar nilai-nilai penelitian relevan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berbasis penelitian dalam penelitian ini didukung dengan media pembelajaran gamifikasi AR untuk menarik antusiasme siswa. Metode penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis penelitian dengan media gamifikasi AR berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa Sekolah Dasar dengan signifikansi sebesar 0,042. Nilai kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis penelitian lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran direct instruction. Hasil tersebut diharapkan dapat mendukung terlaksananya pembelajaran berbasis penelitian.

Published

2025-06-05

How to Cite

Febrianti, R., Widiyanti, W., Hidayat, W. N. ., Nurhadi, D. ., Bramastya, R. ., & Rinata, V. . (2025). Pengaruh Research Based Learning dengan Media Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6194-6199. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8100