Pengembangan Modul Ajar Berbasis Moderasi Beragama Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD/MI

Authors

  • Anisa Nur Umami Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ahmad Shodiq Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ayu Reza Ningrum Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul ajar berbasis moderasi beragama pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di SD/MI. Modul ajar IPAS yang dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) Tahap Define (pendefinisian), (2) Tahap Design (perancangan), (3) Tahap Develop (pengembangan), dan (4) Tahap Disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi para ahli dan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data responden peserta didik menganai kelayakan dan kemenarikan dari produk yang di kembangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul ajar ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor dengan rata-rata keseluruhan presentase 97,1% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Layak”, hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor dengan rata-rata presentase 91,25% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Layak”, dan hasil dari validasi ahli media dengan rata-rata presentase 95% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil penelitian ini juga menunjukan responden uji coba peserta didik skala kecil dengan skor rata-rata presentase 87,45% dinyatakan masuk dalam kriteria “Sangat Menarik” dan Peserta didik skala besar dengan skor 83,48% dinyatakan masuk dalam kriteria “Sangat Menarik”. Dari hasil penialian tersebut maka pengembangan modul ajar berbasis moderasi beragama pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di SD/MI ini dinyatakan layak dan dianggap efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Published

2025-06-05

How to Cite

Umami, A. N., Shodiq, A. ., & Ningrum, A. R. . (2025). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Moderasi Beragama Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD/MI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6216-6222. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8102