Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thingking dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Evi Aulia Rachma Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ety Youhanita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ratna Nurdiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Nur Aini Anisa STIE Pemuda Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8104

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thingking dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Panca Marga Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas X-1 dan X-2 sebagai sampel—masing-masing terdiri dari 25 siswa. Satu kelas dijadikan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model DDCT, sementara kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode ceramah konvensional. Penelitian ini dilaksanakan selama enam minggu, dengan pertemuan dua kali dalam seminggu. Berdasarkan analisis data kemampuan berpikir kritis siswa, diperoleh skor tes yang menunjukkan bahwa kelas kontrol memiliki nilai total indikator sebesar 19,69, sementara kelas eksperimen memperoleh nilai 21,68. Setiap soal tes mencakup indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang diamati. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (2,581>2,010), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dan siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah pada kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Panca Marga Lamongan.

Published

2025-06-04

How to Cite

Rachma, E. A. ., Youhanita, E. ., Nurdiana, R. ., & Anisa, N. A. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thingking dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5899-5904. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8104