Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur

Authors

  • Kurnia Ary Wibawati Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811

Keywords:

Reward ASYIK, Percaya Diri, TK

Abstract

Masa golden age merupakan masa usia awal anak, dimana pada masa itu otak anak berkembang sangat pesat.  Rasa percaya diri pada anak sangatlah penting. Percaya diri sangat dibutuhkan oleh anak-anak ketika mereka bersosialisasi dan tampil di depan umum melakukan suatu kegiatan. Berdasarkan observasi peneliti yang dilakukan pada kelompok B di TK Aisyiyah 24 terlihat masih banyak anak yang belum mempunyai rasa percaya diri tinggi. Membangun percaya diri anak dapat dilakukan dengan memberikan reward. Peningkatan kepercayaan diri anak melalui reward tidak dapat dilakukan secara langsung.  Sehingga diperlukan pembiasaan secara bertahap.   Menggunakan metode “Reward ASYIK” yang merupakan inovasi pembelajaran model baru yang dikembangkan oleh Sri Watini telah mendapat Hak Cipta Intelektual dengan nomor pencatatan 0002020003 dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 6 Juni 2014. Pada “Reward ASYIK” dengan bernyanyi dan bermain tepuk dengan menggunakan kalimat yang memotivasi dipercaya akan membangkitkan percaya diri pada anak. Adapun penelitian ini menggunakan metodologi Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Adapun siklus 1nilai ketercapaian 74% dan siklus 2 meningkat menjadi 85%. Dengan implementasi “Reward ASYIK” ini terbukti meningkatkan percaya diri pada anak kelompok B TK Aisyiyah 24.

Published

2022-08-05

How to Cite

Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090-3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>