Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online terhadap Prestasi Akademik melalui Konsentrasi Belajar

Authors

  • Himaldha Dwi Cahyani Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Friyatmi Friyatmi Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8113

Abstract

Dewasa ini, kecanduan game online telah menjadi salah satu masalah serius yang banyak terjadi dikalangan remaja. Hal tersebut tentunya membawa dampak negatif terutama pada siswa seperti masalah penurunan konsentrasi belajar dan juga penuruan prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kecanduan bermain game online terhadap prestasi akademik melalui konsentrasi belajar sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan yaitu kausatif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Bungo dan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dari 100 orang siswa dan dianalis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan; 1) kecanduan bermain game online berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar, 2) konsentrasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, dan 3) kecanduan bermain game online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan konsentrasi belajar sebagai variabel intervening. Pengaruh langsung kecanduan bermain game online terhadap prestasi akademik sebesar -0.325 sedangkan pengaruh tidak langsung kecanduan bermain game online terhadap prestasi akademik sebesar -0.082.

Published

2025-06-03

How to Cite

Cahyani, H. D. ., & Friyatmi, F. (2025). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online terhadap Prestasi Akademik melalui Konsentrasi Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5867-5872. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8113