Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code Pada Alat Mekanikal Housekeeping

Authors

  • Riko Fikri Hilmiassoleh Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Hapsari Kusumawardani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Dafila Tanico Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8117

Abstract

Penelitian ini sebagai pengembangan media pembelajaran berbasis QR Code pada alat mekanikal housekeeping sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Malang. Perancangan media ini dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). QR Code digunakan sebagai sarana untuk mengakses materi secara digital yang berisi spesifikasi, bagian, fungsi, dan cara penggunaan alat praktik housekeeping. Proses validasi melibatkan ahli materi, media, dan bahasa, dengan hasil berturut-turut 98% (sangat layak), 86% (sangat layak), dan 75% (layak). Implementasi media menunjukkan respon positif dari peserta didik, dibuktikan dengan skor rata-rata di atas 80% pada aspek kemudahan penggunaan, keterlibatan, dan keefektifan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis QR Code sangat layak dan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran mandiri serta menyesuaikan dengan gaya belajar digital siswa.

Published

2025-06-05

How to Cite

Hilmiassoleh, R. F. ., Kusumawardani, H. ., & Tanico, D. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code Pada Alat Mekanikal Housekeeping. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6149-6155. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8117