Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8121Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen (29 siswa) yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik mind mapping, dan kelas kontrol (29 siswa) yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank dan Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis pada kelas eksperimen (p < 0,05), sedangkan pada kelas kontrol tidak terdapat perbedaan signifikan. Selain itu, hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa skor posttest kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, teknik mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa sekolah dasar.