Revitalisasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Wordwall: Solusi Media Pembelajaran yang Menyenangkan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8141Abstract
Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 7 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-eksperimental berbentuk One Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 29 siswa kelas VII-D sebagai sampel. Teknik analisis data meliputi uji normalitas Shapiro-Wilk, uji beda Wilcoxon, dan uji efektivitas N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall mampu meningkatkan keterlibatan siswa sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam revitalisasi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon sebesar 0,000 (p < 0,05). Sebanyak 55,2% siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada kategori sedang dan 20,7% pada kategori tinggi. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan Wordwall secara khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang sebelumnya lebih banyak digunakan pada mata pelajaran umum seperti Matematika dan IPA, serta penggunaan desain pre-eksperimen untuk mengukur keefektivitasan media Wordwall.