Implementasi Media Ular untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Materi Bahasa Arab Siswa MTs

Authors

  • Devista Khoirun Najikhah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Umi Hanifah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ridha Amalinda Lazuardi MTsN 1 Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8143

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif permainan ular tangga edukatif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Bahasa Arab, khususnya tentang topik "???" dan struktur gramatikal "??? ????" dan " ????? ????".  Eksperimen semu dilakukan pada 34 siswa kelas VII F MTsN 1 Sidoarjo pada tahun akademik 2024/2025, dengan desain satu kelompok pretest-posttest.  Tes tertulis (pretest dan posttest), lembar observasi, dan dokumentasi adalah alat yang digunakan.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest meningkat dari 79,8 menjadi 88,1. Untuk uji sampel pasangan t, ada nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest.  Oleh karena itu, ular tangga edukatif telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Bahasa Arab.  Media ini juga membuat kelas lebih menyenangkan dan interaktif, mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif.

Published

2025-06-04

How to Cite

Najikhah, D. K., Hanifah, U. ., & Lazuardi, R. A. . (2025). Implementasi Media Ular untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Materi Bahasa Arab Siswa MTs. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5974-5981. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8143