Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Authors

  • Ana Fatimah Fitriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sri Rahmi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen kurikulum dalam implementasi MBKM, khususnya dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran lintas disiplin dan di luar kampus. Kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inisiatif transformasional dalam dunia pendidikan tinggi Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan fleksibilitas pembelajaran di perguruan tinggi. OBE adalah proses pendidikan yang berfokus pada pencapaian hasil konkret yang ditentukan (pengetahuan yang berorientasi pada hasil, kemampuan dan perilaku). OBE adalah proses yang melibatkan penataan kurikulum, penilaian, dan praktik pelaporan dalam pendidikan yang mencerminkan pencapaian pembelajaran dan penguasaan tingkat tinggi daripada akumulasi kredit. Terdapat lima prinsip OBE, yakni fokus pada CP, rancangan kurikulum menyeluruh, memfasilitasi kesempatan belajar, sesuai dengan pembelajaran konstruktif, dan menggunakan siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA). MBKM adalah kegiatan pembelajaran di luar program studi yang dapat diikuti oleh mahasiswa selama maksimal tiga semester baik di dalam maupun di luar perguruan tingginya yang terdiri dari 8 (delapan) bentuk, di antaranya pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, membangun desa/kuliah kerja nyata tematik kegiatan ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas lembaga pendidikan tinggi dalam mengelola perubahan kurikulum secara adaptif guna mendukung tercapainya tujuan MBKM.

Published

2025-05-14

How to Cite

Fitriani, A. F. ., Pahrudin, A. ., & Rahmi, S. . (2025). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5513-5521. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8148