Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab

Authors

  • Faiqotul Fikriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Umi Hanifah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ridha Amalinda Lazuardi MTsN 1 Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8149

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa di kelas VII E di MTsN 1 Sidoarjo. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain pre-eksperimen satu kelompok dan post-eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan kemampuan menulis secara signifikan. Skor rata-rata dari nilai pre-test sebesar 70,47 meningkat menjadi 86,72 pada nilai post-test. Pengujian data normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, dengan nilai signifikansi pre-test sebesar 0,15 dan nilai signifikansi post-test sebesar 0,075, masing-masing di atas batas 0,05. Selain itu, uji homogenitas dengan Levene menunjukkan bahwa ada variansi yang seragam, dengan nilai signifikansi sebesar 0,149. Selanjutnya, analisis sampel berurutan Dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Ini menunjukkan bahwa PjBL membantu siswa menulis dengan lebih baik dalam pembelajaran bahasa Arab.

Published

2025-06-04

How to Cite

Fikriyah, F. ., Hanifah, U. ., & Lazuardi, R. A. . (2025). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6002-6008. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8149