Efektifitas Penanaman Jiwa Pancasila untuk Pencegahan Bullying pada Anak di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8157Abstract
Adanya tindakan bullying ringan yang terjadi pada siswa kelas 3 dapat memiliki efek yang akan bertahan seumur hidup, baik bagi pelaku maupun korbannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penanaman jiwa Pancasila sebagai strategi preventif untuk mencegah bullying di Sekolah Dasar Negeri 2 Tamanasri. Strategi ini berfokus pada penerapan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kemanusiaan, dan persatuan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Metode penelitian kualitatif yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai Pancasila ke dalam kegiatan sekolah terbukti efektif untuk mencegah perilaku bullying pada anak sekolah dasar khususnya kelas 3 di SD N 2 Tamanasri. Dimana kondisi awal di sekolah ini menunjukkan indikasi adanya kasus bullying verbal yang tergolong rendah di lingkungan sekolah. Dengan konsistensi dan penerapan yang menyeluruh, internalisasi nilai-nilai Pancasila dapat membentuk lingkungan sekolah yang harmonis, aman, dan tanpa kekerasan, serta kepribadian mengembangkan generasi muda yang beradab dan menghargai sesama.