Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling Menggunakan Artificial Inteligence Pada Profil Technopreneur di Bidang Busana
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8164Abstract
Perkembangan teknologi digital di era saat ini begitu pesat sehingga mempengaruhi banyak sektor, tidak terlepas bagi dunia pendidikan, dengan demikian perkembangan teknologi digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peserta didik pada masa kini. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), peserta didik umumnya lebih tertarik pada pembelajaran berbasis praktik. Hal ini menyebabkan pembelajaran teori kurang diminati, yang pada akhirnya dapat berdampak pada rendahnya motivasi belajar serta menurunnya tingkat konsentrasi peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Digital Storytelling (DST) berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada materi teori Profil Technopreneur Bidang Busana di SMK. Metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Media dikembangkan menggunakan platform AI seperti ChatGPT, MagicLigth.ai, Hailuoai.video, Kling.ai serta ElevenLabs untuk menghasilkan media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Tingkat kelayakan yang sangat tinggi ditunjukkan oleh hasil validasi ahli materi dan ahli media, yang memberikan skor masing-masing 92% dan 91,11%. Selanjutnya, 30 peserta didik dari SMK Negeri 3 Malang berpartisipasi dalam uji coba, dan hasilnya menunjukkan kelayakan sebesar 87,34%. Media ini dapat disimpulkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran untuk menarik minat dan perhataian peserta didik terhadap pembelajaran teori, serta menjadi solusi inovatif bagi pendidik. Saran penelitian mencakup pelatihan pemanfaatan AI bagi guru dan pengembangan fitur tambahan seperti kuis interaktif untuk penelitian selanjutnya.