Peran Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru yang Dimoderasi Motivasi Kerja
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8168Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel moderator dalam konteks kebijakan Merdeka Belajar. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 25 guru SMP melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan motivasi kerja terbukti memoderasi kedua hubungan tersebut, memperkuat pengaruh keduanya terhadap kinerja. Nilai R² sebesar 0,684 menunjukkan bahwa model menjelaskan 68,4% variabel kinerja guru, sementara Q² sebesar 0,41 menunjukkan bahwa model memiliki relevansi prediktif yang kuat. Temuan ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendekatan manajerial dan psikologis dalam meningkatkan efektivitas guru. Implikasi praktisnya, pemimpin sekolah disarankan menerapkan gaya kepemimpinan inspiratif, melaksanakan supervisi akademik secara kolaboratif, serta mendorong motivasi intrinsik guru. Secara teoretis, penelitian ini menyumbangkan model komprehensif yang mengaitkan kepemimpinan, supervisi, dan motivasi terhadap kinerja guru. Penelitian selanjutnya perlu menguji model ini pada konteks pendidikan yang lebih luas dan mempertimbangkan pendekatan kualitatif untuk pendalaman pemahaman terhadap dinamika motivasi.