Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPAS: Studi Kasus Penggunaan Genially pada Materi Ekosistem Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8169Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Genially pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) terkait materi ekosistem serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan dan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus di kelas 3 SD Negeri Sumbertaman 2, Kota Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif menurut Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan interaksi guru, siswa, dan media dari 50% menjadi 82%, serta keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dari 42% menjadi 78%. Rata-rata hasil evaluasi peserta didik juga meningkat dari skor 65 menjadi 89 setelah penerapan Genially. Integrasi Genially dalam pembelajaran IPAS terbukti efektif meningkatkan partisipasi aktif, keterlibatan emosional, dan pemahaman konseptual peserta didik. Penggunaan media digital interaktif ini mendukung pembelajaran berbasis konstruktivisme dan konektivisme, serta berkontribusi pada penguatan keterampilan abad ke-21 peserta didik.