Penggunaan Bahasa Slang dalam Interaksi Verbal Siswa Sekolah Dasar (Kajian Sosiolinguistik)

Authors

  • Syahrani Ananda Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iik Nurulpaik Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola penggunaan dan faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan bahasa slang dalam interaksi verbal siswa di SD Negeri Jayalaksana 01. Pendekatan yang digunakan adalah sosiolinguistik dengan metode simak dan teknik lanjutan berupa teknik sadap, teknik simak libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa secara aktif menggunakan bahasa slang dalam percakapan sehari-hari, baik di lingkungan kelas maupun di luar kelas. Pola penggunaan yang dominan meliputi penyisipan istilah slang ke dalam struktur kalimat bahasa Indonesia, penggunaan istilah populer dari media sosial, serta adopsi kosakata dari permainan digital seperti “AFK”, “gas”, dan “auto”. Faktor utama yang memengaruhi penggunaan slang adalah ekspresi diri, solidaritas kelompok, identitas sosial, dan paparan media digital. Permainan daring juga berkontribusi besar terhadap penyebaran dan penguatan istilah slang di kalangan siswa. Meskipun penggunaan slang dapat memperkaya ekspresi verbal dan memperkuat hubungan sosial antar siswa, penggunaannya yang tidak terkontrol berisiko mengaburkan batas antara bahasa formal dan informal. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dan orang tua dalam membimbing siswa agar mampu menggunakan bahasa secara kontekstual dan sesuai situasi.

Published

2025-06-05

How to Cite

Putri, S. A. ., & Nurulpaik, I. . (2025). Penggunaan Bahasa Slang dalam Interaksi Verbal Siswa Sekolah Dasar (Kajian Sosiolinguistik). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6234-6240. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8178