Tenaga Pendidik dan Kependidikan: Pendidikan dan Pelatihan, Peran dan Hambatan dalam Inovasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8180Abstract
Tenaga pendidik, seperti guru dan dosen, merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, sementara tenaga kependidikan berperan dalam mendukung kelancaran administrasi dan manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji definisi, peran, pentingnya pendidikan dan pelatihan, serta hambatan yang dihadapi dalam pengembangan inovasi oleh kedua komponen tersebut. Dengan pendekatan studi pustaka, makalah ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara pendidik dan kependidikan serta perlunya pelatihan yang berkelanjutan, infrastruktur yang memadai, dan budaya kerja yang adaptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi dan pemberdayaan kedua unsur ini merupakan kunci dalam membangun sistem pendidikan yang inovatif dan responsif terhadap tantangan zaman.