Tenaga Pendidik dan Kependidikan: Pendidikan dan Pelatihan, Peran dan Hambatan dalam Inovasi Pendidikan

Authors

  • Adriyansyah Adriyansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Fajri Ismail Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8180

Abstract

Tenaga pendidik, seperti guru dan dosen, merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, sementara tenaga kependidikan berperan dalam mendukung kelancaran administrasi dan manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji definisi, peran, pentingnya pendidikan dan pelatihan, serta hambatan yang dihadapi dalam pengembangan inovasi oleh kedua komponen tersebut. Dengan pendekatan studi pustaka, makalah ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara pendidik dan kependidikan serta perlunya pelatihan yang berkelanjutan, infrastruktur yang memadai, dan budaya kerja yang adaptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi dan pemberdayaan kedua unsur ini merupakan kunci dalam membangun sistem pendidikan yang inovatif dan responsif terhadap tantangan zaman.

Published

2025-06-05

How to Cite

Adriyansyah, A., Ismail, F., & Astuti, M. (2025). Tenaga Pendidik dan Kependidikan: Pendidikan dan Pelatihan, Peran dan Hambatan dalam Inovasi Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6223-6228. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8180