Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Kelas VII di SMP Negeri 33 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8182Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe Control Group pre-test post-test dengan melibatkan dua kelas dimana kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan median interaktif Blooket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji statistik, nilai Mann-Whitney U sebesar 212.500 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif Blooket. Nilai Wilcoxon W sebesar 740.500 menunjukkan peringkat yang lebih tinggi pada kelompok posttest. Nilai Z-hitung sebesar -4.024 menujukkan perbedaan antara kelompok pretest dan posttest, karena angka ini lebih jauh dari 0 serta nilai asymp. Sig (2tailed) sebesar 0,000. Dari hasil signifikan tersebut kurang dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria keputusan uji Mann-Whitney H1 diterima dan H0 ditolak. Uji Mann-Whitney H1 diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Blooket. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Blooket berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII Di SMP Negeri 33 Makassar.