Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Purchase Decision di Shopee serta Dampaknya pada Repurchase Intentions (Studi pada Pengikut Instagram @shopee_id)

Authors

  • Muhamad Ridwan Universitas Garut, Indonesia
  • Rahyuniati Setiawan Universitas Garut, Indonesia
  • Irfan Rizki Gumilar Universitas Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8192

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Purchase Decision serta dampaknya terhadap Repurchase Intentions pada pengguna platform Shopee. Sebanyak 400 responden ditentukan melalui rumus Slovin dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Marketing berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (t = 19,013; p < 0,05), namun tidak berpengaruh langsung terhadap Repurchase Intentions (t = 1,702; p = 0,089). Event Marketing berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (t = 15,854; p < 0,05) dan Repurchase Intentions (t = 2,570; p < 0,05). Selain itu, Purchase Decision berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intentions (t = 15,469; p < 0,05) dan menjadi variabel mediasi dalam hubungan antara Content Marketing dan Event Marketing terhadap Repurchase Intentions. Temuan ini menegaskan bahwa keputusan pembelian merupakan faktor kunci dalam mendorong loyalitas konsumen pada platform e-commerce seperti Shopee.

Published

2025-07-08

How to Cite

Ridwan, M., Setiawan, R. ., & Gumilar, I. R. . (2025). Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Purchase Decision di Shopee serta Dampaknya pada Repurchase Intentions (Studi pada Pengikut Instagram @shopee_id). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7877-7889. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8192