Strategi Kepemimpinan Inovatif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8202Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menyebabkan hasil belajar tidak optimal. Untuk itu, strategi guru untuk meningkatkan motivasi belajar menjadi amat signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi kepemimpinan inovatif yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PPKn. 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas strategi kepemimpinan inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PPKn. 3) Bagaimana solusi agar strategi kepemimpinan inovatif berjalan efektif. Studi ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui cara wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen bersama dengan guru PPKn. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan yang dirancang oleh Miles dan Huberman. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Guru masih mempertahankan metode ceramah sebagai metode utama dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan interaktif, guru mengkombinasikan ceramah dengan diskusi kelompok, tanya jawab sebelum dan sesudah penyampaian materi. Media pembelajaran tambahan seperti LCD, dan media pembelajaran lainnya tidak pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa inovasi dalam metode dan media pembelajaran masih sangat terbatas.